Home » Artikel » Mengenal Tarian Madura

Mengenal Tarian Madura

 

Setiap daerah pastilah memiliki seni budaya tersendiri, salah satunya adalah Madura. Agar dapat mencintai budaya Madura maka terlebih dahulu kami perkenalkan beberapa seni tarian kebudayaan Madura.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tarian khas dari Kabupaten Bangkalan, Madura

Yang perlu untuk diperkenalkan kepada pemuda dan pemudi Madura guna senantiasa dilestarikan dan dikembangkan agar seni tarian madura tidak pupus di era globalisasi pada saat ini

1. Tari Sholawat Badar atau rampak jidor

 

Tari Sholawat Badar, Bangkalan

Tari Sholawat Badar, Bangkalan

Tari yang seluruh penarinya para dara ini merupakan tari yang menggambarkan karakter orang Madura yang sangat relegius. Seluruh gerak dan alunan irama nyanyian yang mengiringi tari ini mengungkapkan sikap dan  ekspresi sebuah puji-pujian, do’a dan zikir kepada Allah SWT.  Dzat Yang Maha Kuasa dan Maha Pemberi.

2. Tari Cakang

Tari Cakang

Tari Cakang

Tari ini  riwayat merupakan tari yang biasa digelar untuk menyambut kedatangan prabu Cakraningrat IV yang dikenal pula dengan Pangeran Sidingkap, salah satu dari raja-raja yang memerintah madura di masa lampau.

3. Tari Ngapoteh

tari ngapoteh

Tari Ngapoteh

 Ngapoteh walajere eta ngale, reng majeng tan tonala pade mole..” alunan musik itu terdengar sangat rancak diiringi dengan tarian wanita-wanita berparas cantik dan berbusana batik Madura. Itulah hasil kolaborasi antara tarian tradisional dengan senam.

4. Tari Tepak, Madura

Tari Tepak merupakan salah satu tarian yang mampu berprestasi di kancah Internasional. Tarian ini berhasil memperoleh juara umum di Madrid Spanyol. Untuk menyaksikan tarian tersebut dapat klik disini.

Masih banyak seni tarian budaya Madura yang belum kami sebutkan. Jadi sebelum Tarian-tarian tersebut di atas di klaim oleh negara lain, maka kita sebagai warga Indonesia memiliki kewajiban untuk terus melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang ada di Indonesia.

Incoming search terms:

Leave a Reply

© 2014 LDII BANGKALAN · RSS · Designed by Theme Junkie- Sambut Brazil 2014- · Powered by WordPress